Categories

Ganti Air Radiator Mobil Berapa Bulan Sekali? Ciri Pendingin Harus Diganti!

Radiator adalah salah satu komponen mobil yang mempunyai fungsi sebagai pendingin. Selain itu, melakukan ganti air radiator ini sangat penting agar bisa menjaga suhu mesin tetap stabil. Panas yang berlebih di mesin ini sering dikenal dengan overheat.

Sedangkan, air radiator merupakan salah satu cairan khusus yang dibutuhkan oleh komponen radiator. Cairan ini mempunyai kandungan zat efektif, untuk mendinginkan suhu mesin agar tidak terjadi overheat.

Selayaknya, pelumas maupun oli mobil. Air di dalam radiator ini juga mempunyai masa pakai. Hal ini, dikarenakan cairan tersebut mempunyai masa pakai dan harus diganti ketika sudah mulai terjadi beberapa kendala di dalam sistem kerja mesin mobil tersebut.

Tidak perlu lagi menunggu sampai dengan mobil mogok terlebih dahulu, untuk ditindaklanjuti dengan melakukan ganti air radiator. Tentu saja, karena adanya ciri-ciri radiator atau cairannya ketika memang sudah waktunya diganti atau kondisi cairannya sudah tidak menjadi prima lagi.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai jawaban dari pertanyaan ganti air radiator mobil berapa bulan sekali. Sedangkan, untuk Anda yang ingin tahu lebih lengkap mengenai jawaban ganti air radiator mobil berapa bulan sekali bisa simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Ciri-Ciri Mengganti Air Radiator

Untuk jawaban dari pertanyaan ganti air radiator mobil berapa bulan sekali adalah 6 bulan – 1 tahun sekali. Bahkan, ada juga yang melakukan penggantian air radiator ini bergantung dengan jarak tempuh.

Artinya, mobil yang sudah menempuh jarak 10.000 km – 20.000 km harus melakukan penggantian air radiator. Jangan sampai mengabaikan perihal pertanyaan ganti air radiator mobil berapa bulan sekali, karena bisa berdampak buruk. Sebagai berikut beberapa ciri-ciri harus melakukan penggantian air radiator, sebagai berikut :

  1. Air Radiator Sudah Mulai Berubah

Ciri pertama cairan radiator mobil harus diganti, yaitu disaat warna sudah mulai memudar. Seiring berjalannya waktu, sebaiknya Anda melakukan pengecekan bagaimana kondisi air radiator tersebut.

Pada saat warna sudah mulai berubah, maka ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Pertama, ada zat yang memaksimalkan kinerja air coolant. Kedua, harus segera diganti ketika warnanya sudah mulai memudar, keruh atau terlihat coklat kotor.

Ketika yang terlihat adalah indikasi kedua, maka air radiator akan berubah keruh atau coklat kotor. Sebaiknya, untuk Anda sesegera mungkin untuk melakukan pergantian sekarang juga.

Tidak perlu menunggu jarak tempuh yang sudah direkomendasikan di pabrik mobil terlampaui. Ketika baru pertama kali melakukan pengisian, kira-kira berapa liter isi yang tepat? Di dalam hal tersebut juga bergantung lagi di dalam jenis mobil dan kapasitasnya. Umumnya, untuk tangki air radiator ini mempunyai kisaran 3-4 liter.

  1. Sudah Melewati Jarak Tempuh

Sudah pasti, untuk mobil mempunyai standarisasi jarak tempuh untuk melakukan servis secara berkala. Selain itu, ketahui juga jarak tempuh maksimal yang telah direkomendasikan dan informasi ini juga bisa dilihat di buku manual.

Misalnya, di mobil Toyota Fortuner. Untuk melakukan penggantian air radiator pertama di saat membeli baru, biasanya direkomendasikan di saat mobil sudah menempuh jarak sampai dengan 160.000 km.

Sedangkan, waktu penggantian air radiator yang selanjutnya berada di kelipatan 80.000 km. Informasi kali ini juga akan membantu Anda di dalam menentukan kapan Anda harus melakukan penggantian air radiator mobil.

  1. Mesin Mobil Mengalami Overheat

Nah, untuk ciri yang satu ini juga menjadi dampak di saat radiator tidak bekerja sebagaimana mestinya. Disaat kualitas cairan air radiator sudah tidak bagus lagi, maka akan terjadi kemungkinan mesin mengalami overheat.

Suhu mesin yang tiba-tiba mengalami panas melebihi batas maksimal ini pada akhirnya menimbulkan asap dari bawah kap mesin. Sebelum terjadi, Anda harus sesegera mungkin melakukan penggantian air radiator.

Untuk kondisi air radiator yang sudah tidak layak digunakan, maka menyebabkan radiator sudah tidak bisa bekerja secara maksima di saat menyerap panas mesin. Sebaiknya, Anda melakukan pengecekan mesin secara menyeluruh.

Ketika sudah muncul gejala overheat di saat perjalanan, sebaiknya untuk segera mungkin menepi dan matikan mesin. Setelah itu, tunggu sampai dengan suhu mesin menjadi dingin dan baru lagi berjalan kembali. Akan tetapi, sebaiknya tujuan selanjutnya, yaitu bengkel resmi atau terpercaya.

  1. Air Radiator Mulai Berkurang

Ciri akhir di dalam melakukan ganti air radiator adalah sering berkurang. Biasanya, Anda melakukan tindakan pertama dengan cara mengisi air radiator mobil dengan menggunakan air biasa atau tidak air coolant.

Satu hal perlu dipahami, bahwa mencampur air mineral dengan coolant ini bisa membuat kinerja radiator tidak bisa bekerja secara maksimal. Sebaiknya, untuk Anda melakukan penggantian air radiator secara menyeluruh.

Sering berkurangnya air radiator ini juga bisa disebabkan, karena komponen radiator bocor. Maka dari itu, untuk masalah ini sesegera mungkin untuk dilakukan perbaikan.

Hal yang harus diperhatikan di dalam komponen radiator adalah pertanyaan ganti air radiator mobil berapa bulan sekali. Jangan pernah abai juga dengan perihal pertanyaan tersebut, karena bisa berdampak buruk terhadap mesin dan bisa menghabiskan banyak biaya di saat melakukan perbaikan.

Untuk beberapa orang ada yang beranggapan, bahwa merawat radiator ini menjadi satu hal yang merepotkan. Belum lagi, ketika Anda mempunyai banyak aktivitas dan tidak mempunyai waktu melakukan perawatan mobil.

Maka dari itu, untuk Anda yang ingin tetap menggunakan mobil dan tidak ingin melakukan perawatan adalah sewa mobil. Saat ini melakukan sewa mobil bukan lagi menjadi satu hal yang tabu.

Artinya, banyak sekali tempat sewa mobil yang bisa dipilih bebas oleh kalangan masyarakat. Namun, harus diingat kembali bahwa untuk pemilihan tempat sewa mobil ini tidak boleh dilakukan secara asal-asalan begitu saja.

Perhatikan dan bandingkan di tempat sewa satu dengan lainnya agar tidak terjadi hal buruk. Selain itu, dengan mencari referensi lainnya ini bisa menemukan tempat sewa mobil yang paling terbaik.

Ada satu tempat sewa mobil yang bisa dipilih, yaitu Sewamobilbulanan.com. Seperti dengan namanya, untuk Sewamobilbulanan.com ini sangat cocok digunakan di saat Anda ingin melakukan sewa mobil secara bulanan.

Bagi Anda yang ingin melakukan sewa mobil secara bulanan, maka akan diberikan paket harga lebih murah. Selain itu, untuk semua kendaraan yang dimiliki oleh Sewabulanan.com ini sudah melalui perawatan atau service secara berkala. Sehingga, dengan kondisi kendaraan yang selalu prima ini bisa membuat perjalanan Anda menjadi lebih aman dan nyaman.

Jangan sampai salah memilih tempat sewa mobil, karena bisa berdampak buruk. Ketika ingin melakukan sewa mobil, maka bisa langsung saja menghubungi customer service dari Sewamobilbulanan.com.

Sekian penjelasan lengkap mengenai jawaban dari pertanyaan ganti air radiator mobil berapa bulan sekali. Semoga bisa membantu dan nikmati semua layanan dari Sewamobilbulanan.com.